8 Cara Sederhana Percepat Performa Windows Komputer Layaknya Baru

5 Cara Sederhana Percepat Performa Windows Komputer Layaknya Baru

8 Cara Sederhana Percepat Performa Windows Komputer Layaknya Baru
Tentu saja Anda ingin percepat performa windows komputer supaya jadi layaknya baru lagi. Pasalnya pasti pengguna sendiri dapat membedakan bagaimana penggunaan PC saat baru dibeli. Alat elektronik tersebut akan bekerja dengan bagus, lancar, serta cepat. Sehingga membuat pengguna jadi nyaman memakainya.

Akan tetapi tentu seiring dengan berjalannya waktu, performa komputer maupun alat elektronik lainnya juga akan mengalami perubahan bertahap. Pengguna akan mulai membuat kemudian perlahan menghapus file yang tidak dipakai. Sekain itu juga sering memasang serta melepas aplikasi yang diunduh. Kerap melakukan kegiatan di internet.

Setiap aktivitas yang dilakukan pada perangkat tersebut pastinya memberikan dampak pada performanya sendiri. Semakin hari, pengguna pasti akan merasakan mengenai bedanya dari yang sebelumnya. Performanya juga sudah tidak seperti dulu. Banyak hal yang dialami oleh pengguna seiring waktu berjalan selama pemakaian komputer maupun lainnya.

Kegiatan yang dijalankan pada komputer, tentu saja lama kelamaan akan menghasilkan file sampah, coockie pada browser, atau cache. Bahkan juga membuat hardware jadi kotor sehingga fungsinya jadi menurun. Hal ini tentu saja membuat performa dari perangkat menurun, tidak sebagus pertama beli.

Cara Mempercepat Performa pada Komputer

Sebenarnya, jika Anda perhatikan ada beberapa langkah tepat yang dapat dilakukan agar bisa percepat performa windows agar seperti baru kembali. Walaupun cara ini tidak membuat komputer jadi 100% baru, namun kecepatannya dapat bekerja jauh lebih bagus lagi. 5 caranya dapat Anda lakukan seperti berikut:

1. Hapus file sampah

Selama pemakaian pasti ada banyak file sampah yang masih tertinggal pada komputer. Hal ini kerap terjadi ketika menghapus atau menginstall sebuah aplikasi. Jika aktivitas ini sering dilakukan, maka sampah akan semakin banyak tertimbun. Sama seperti jika sering berselancar di dunia internet.

Browser yang dipakai juga akan punya banyak file cache. Adanya dua hal tersebut akan membuat media penyimpanan jadi berkurang dan membuat komputer freeze. Untuk itu Anda wajib rajin menghapus sampah tersebut untuk membuat performa jadi lancar lagi.

Baca Juga  10 Cara Membuka Setting Windows 10 Praktis di Pakai

2. Uninstall aplikasi tidak terpakai

Sering kali pengguna tidak sadar jika sering menginstall aplikasi. Padahal aplikasi nya juga tidak dipakai. Oleh karena itu, penting menghapus semua aplikasi yang tidak dipakai. Karena bukan hanya mengurangi media penyimpanan, namun juga membuat komputer lemot kebanyakan aplikasi.

3. Defrag hardware

Download dan unistall aplikasi sering menciptakan pecahan file dimana penyimpanannya sendiri tersebar dan tidak hanya ada di hard disk saja. Karena program yang di install punya banyak file, maka pasti ada banyak file berserakan jika di uninstall. Untuk mengatasinya, gunakan tool defrag.

4. Hapus virus

Untuk Anda yang sering berselancar di dunia internet, maka sering kali menemukan malware atau virus. Hal ini juga bisa membuat performa menurun. Jika ingin percepat performa windows maka gunakan program antivirus agar dapat menghapus virusnya.

Pasalnya virus tersebut dapat mengganggu kemampuan dari komputer itu sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan sampai perangkat Anda terkena virus. Sehingga tidak membuat kemampuan komputer menurun. Update terus antivirus yang dipunyai.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Di CAS Pada Windows 10

5. Servis eror sistem

Penyebab dari eror pada file sistemnya komputer sendiri sebenarnya ada banyak. Misalnya saja ketika Anda sering mendownload maupun unistall program. Melakukan reboot pada komputer. Atau bahkan memaksa perangkat mati. Hal ini menjadikan komputer juga tidak bisa lagi bekerja dengan baik.

Sementara itu, windows sendiri juga punya kemampuan periksa file yang eror menggunakan sebuah perintah yakni system file checker. Cara ini cukup sering dipakai oleh pengguna agar dapat scan file yang penting. Apabila ada masalah, sistem akan memperbaiki.

 

Baiknya lakukan cara-cara tersebut jika ingin membuat performa komputer bagus lagi. Namun jika semua cara tidak berhasil, maka tanyakan langsung ke service center. Agar jika terjadi masalah bisa segera diatasi. Cara ini memang tidak 100% membuat komputer bagus, namun dapat percepat performa windows seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *